Variable & Data Type

Minggu, 10 Februari 2013

- VARIABLE

Variabel bisa dikatakan sebagai wadah yang berisi nilai yang dapat berubah-ubah selama program diekseskusi tapi variabel bukan power ranger. Berbeda dengan konstanta yang nilainya tidak dapat berubah. Variabel menyimpan suatu nilai yang nantinya akan dibawa ketika dipanggil oleh suatu perintah. Baik ketika melakukan perhitungan, pemasukan data, ataupun saat menampilkan hasil. Mari kita lanjutkan PDKT kita dengan variabel.


Berikut ini adalah bebarapa hal yang perlu diketahui tentang Variabel :

1. Pemberian nama variabel harus unik, tidak boleh sama dengan kata kunci bawaan C++ maupun fungsi.

2.  Dalam nama sebuah variabel tidak boleh mengandung spasi.

3.  Nama variabel bersifat case sensitive.

4.  Nama variabel hanya terdiri dari huruf, angka dan tanda undescore “_”. Tidak boleh ada karakter atau simbol khusus.

5. Nama variabel hanya boleh diawali dengan huruf dan underscore, tidak boleh diawali angka atau karakter/simbol khusus.

6.  Jika nama sebuah variabel lebih dari 32 karakter, maka yang akan terbaca komputer hanya 32 karakter pertama saja, selebihnya tidak akan dianggap tetapi masih dapat dieksekusi.

Contoh program dengan pendeklarasian variabel, proses dan keluarannya :


Hasil screenshoot dari kode C++ program tersebut :


- DATA TYPE

Tipe data adalah suatu hal yang menggambarkan jenis nilai dari suatu obyek data (konstanta atau variabel) yang nantinya akan digunakan saat program dijalankan. Tipe data pemrograman C++ dibedakan menjadi 2 yaitu tipe data dasar dan bentukan. Kali ini kita hanya akan membahas tipe data dasar atau disebut pulsa sebagai tipe data bawaan dari bahasa C++. Tipe data dasar sendiri terdiri atas tipe data karakter, bilangan dan boolean. Berikut beberapa contoh tipe data dasa C++ yang sering digunakan :


SEMOGA BERMANFAAT :D:D:D

0 komentar: